Lanjutan Part 2: Tidak bisa Mengirim Gambar Melalui BBM Android

Melanjutkan artikel sebelumnya yang membahas mengenai access denied ketika mencoba mengirim gambar melalui BBM.
acces denied bbm android


Kasus ini saya alami di handphone Asus Zenfone 4. Cukup mengherankan sebenarnya. Baru pertama kali mengalami kejadian “aneh” seperti judul tulisan di atas: Access Denied ketika mengirim gambar dari BBM Android di HP Asus Zenfone 4. Mudah-mudahan tulisan ini membantu menyelesaikan masalah serupa yang dihadapi oleh pembaca.

Sebagaimana kita ketahui bersama, core atau inti dari OS Android dasarnya sama dengan kernel Linux, jadi saya pikir cara kerja file system-nya juga sama, minimal mirip. Pada Linux, walaupun sebuah file memiliki status read only, user atau pengguna lain tetap bisa “membaca” (mengakses) file yang bersangkutan. Walaupun hanya owner (pemilik) file yang bisa melakukan aksi “menulis” (write) ke file tersebut. Jadi pendapat bahwa masalah access denied saat kirim gambar dari BBM di Android dikarenakan status file-nya read only bisa dikatakan tidak beralasan.

Ada lagi opini yang saya dapat dari hasil googling bahwa masalah ini disebabkan karena penyimpanan foto hasil kamera berada di SD card atau memori eksternal, sehingga aplikasi BBM Android tidak bisa mengaksesnya. Saya tidak tahu apakah pendapat demikian benar atau salah. Dan saran dari mereka yang berpendapat demikian solusinya adalah dengan cara memindahkan foto yang akan dikirim ke memori internal. Saya tidak sempat mencoba mempraktekkan “hal ribet” itu.

Terlepas dari banyaknya “solusi” dan pendapat yang ada, yang jelas inilah cara yang penulis anggap cukup mudah dan “paling sederhana” untuk menyelesaikan masalah access denied di BBM Android ketika digunakan untuk mengirim gambar.


Suka artikel ini ?

About RaffaRazka

Admin Blog

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan