Pengen Tau cara Membuat Propolis Sendiri?

Tahukah Anda,  ternyata oh ternyata, orang-orang pedesaan pada zaman dahulu kala sesungguhnya juga sudah bisa membuat propolis, namun oh namun, mereka tidak tahu bahwa zat itu adalah propolis.  Pembuatan "malam" (itu loh,, bahan untuk membatik) sudah umum dilakukan di desa-desa. Pembuatan malam dilakukan dengan cara merebus sarang lebah madu yang telah kosong.(di Bali disebut dengan "tala").

Manfaat Propolis, Lihat.

Perebusan dilakukan menggunakan panas yang tidak tinggi tapi lumayan panas (60 - 70 derajat C). Pada suhu tersebut, "tala" itu akan lumer menjadi cairan yang agak hitam, lalu di bagian permukaannya akan mengambang bagian yang lebih keputih-putihan. Bagian yang di permukaan ini diambil menggunakan punggung tempurung kelapa yang sudah dihaluskan, lalu yang melekat di bagian luar batok kelapa itu ditiriskan atau diseka dengan jari tangan; naahhh bagian inilah yang disebut Propolis itu, sedangkan cairan yang dibawahnya itu adalah "malam" untuk membatik itu.

Cara yang lebih maju untuk memungut bagian propolis itu adalah dengan menyerapnya dengan kertas isap (bisa didapatkan dengan mudah di apotek, kaya itu tuh.. iyaaa,, ituuu :p ) lalu diperas kembali sehingga diperoleh propolisnya.

Sekarang, proses pemisahan propolis dari rebusan "tala" (rumah lebah madu) itu dilakukan lewat proses yang lebih maju sehingga dapat dihasilkan propolis dalam jumlah besar dengan kadar yang lebih murni mengandung Propolis.(Propolis bisa diperoleh di produk MR PRO gemuk badan)

Bagi yang memiliki banyak rumah lebah madu di rumahnya, silahkan mencoba membuat propolis sendiri dengan cara sederhana di atas.

Sumber:
http://sehatdenganpropolisbiyang.blogspot.com/2011/04/tahukah-anda.html
Tokoherbalsolo
Suka artikel ini ?

About RaffaRazka

Admin Blog

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan